Welcome To My Blog,my extra ordinary blog,my truthly information giving for you,enjoy it !!!!

Total Pageviews

Thursday, December 22, 2011

Tips Belajar Efektif

Untuk meraih sebuah prestasi bagi kebanyakan dari kita adalah masih dalam angan dan masih belum dapat mewujudkannya,tersebut terjadi karna ada beberapa faktor intern maupun ekstern yang belum terpenuhi diantaranya faktor INTERN yang mempengaruhi tersebut :
1.KEYAKINAN, keyakinan disini menjadi penting dan peran yang sangat vital bukan hanya dalam proses pencarian prestasi dalam bidang akademis seperti pelajar tapi dalam berbagai hal,karena apa?karena keyakinan  yaitu keinginan yang kuat disertai niat yang melibatkan perwujudan harapan dan cita-cita di dalamnya.Dengan adanya KEYAKINAN di sini kita secara otomatis berusaha untuk mewujudkan KEYAKINAN kita dan cita-cita kita tersebut.
2.KEJUJURAN,dengan adanya kejujuran kita dapat mengetahui seberapa besar
& kuat kemampuan yanh telah susah payah ,kita asah dan lebih baik lagi jika kita menerapkan kejujuran tersebut saat ada test di sekolah sehingga kita dapat berusaha secara maksimal dan dapat mengetahui hasil dari usaha maksimal yang telah kita lakukan dan sebagai tolok ukur untuk kedepannya.
3.MEMBUAT PERENCANAAN TIDAK TERLALU DIPAKSAKAN,kenapa ada kalimat "yang tidak terlalu dipaksakan"karena dengan terlalu memaksakan jadwal atau perencanaan yang berlebihan itu belum tentu kita dapat laksanakan misalnya saja ada kegiatan tambahan yang bersifat mendadak dan memaksakan kita untuk melewati waktu sebagaimana yang harus kita lakukan belum lagi karena belum menjadi kebiasaan kita lupa bahan malas melaksanakannya  dan akan membuat kita hilang arang dan rasa frustasi yang berlebih karena ketidakmampuan kita dalam melakukan sesuatu yang sudah kita rencanakan lebih baik bertanyalah dan mintalah pendapat terhadap orang yang kita dapat percaya seperti orang tua maupun saudara.
4.BUAT ATURAN DAN LARANGAN,yang ini mungkin kita juga akan melibatkan pihak ketiga didalamnya(lagi)dengan mengoreksi diri dan jika kita tidak dapat melihat permasalahan dari sudut pandang orang lain maka kita memerlukan pihak kita memerlukan pihak ketiga untuk dimintai pendapatnyq tanpa ada rasa kita tekan dan paksa.
5.SERIUS,kita laksanakan segalanya dengan semangat yang konsisten dan pantang menyerah jangan hanya "anget-anget tai ayam"saja jika begitu maka hasilnya hanya akan anget-anget tai ayam tadi.
6.AKTIF BERTANYA,bertanyalah jika da keterangan dari guru atau dosen yang belum kita mengerti,dan jika kita beruntung mungkin itu yang akan diujikan pada test.
7.CATAT HAL YANG PENTING & YANG BELUM KITA KETAHUI,catat hal yang kita rasa penting dari penjelasan guru mungkin saja itu akan keluar pada test dan kebetulan tidak ada di buku,&tanyakan hal yang belum kita ketahui selain kita menjadi tambah tahu kita juga akan mendapat nilai afektif pada sistem pendididkan modern ini.
8.BUAT CATATAN RINGKAS ATAU RANGKUMAN PELAJARAN DI BUKU CATATAN KECIL ATAU SELEMBAR KERTAS,selain kita mencatat di buku catatn yang lazim digunakan kita dapat membuat catatan kecil di lembaran kecil dan untuk emnisi waktu luang kita jika ada di luar rumah.
9.BUAT LAPORAN HASIL BELAJAR SEDERHANA,digunakan untuk menginstrospeksi hasil kerja kita dan sebagai tolok ukur untuk menetapkan target ke depan dan memperbaiki kondisi.
10.KONSISTEN,terus lakukan apa yang telah anda yakini dan sudah terbukti keberhasilannya dengan segala tambahan yang diperlukan untuk kemajuan kita.
SELAMAT BERJUANG!!!!GANBATTE!!1

1 comment:

  1. keren gila nih blog,dah yg punya ganteng blognya keren lagi!! salluuut!!

    ReplyDelete

Nama :
Blog Address :
Sosial Network :